Pengertian Pengarang: Definisi Pengarang Menurut Sang Pengarang

Pengertian pengarang menurut Sang Pengarang. Pengarang adalah orang yang mengarang sesuatu. Misalnya mengarang cerita, mengarang puisi, mengarang lagu dan lain sebagainya. Karya-karya tersebut merupakan karangan atau hasil karangan.

Definisi pengarang di sini menjelaskan arti pengarang dalam bahasa Indonesia, bukan dalam bahasa lain. Perlu kita pahami bahwa setiap bahasa memiliki perbedaan dalam memaknai suatu kata. Sehingga setiap kata dari satu bahasa tidak bisa diterjemahkan ke dalam bahasa lain secara persis. Pasti akan ada perbedaan dalam hal makna.

Pengarang merupakan sebuah profesi. Ada orang yang berprofesi sebagai pengarang lagu, pengarang novel, pengarang sandiwara dan lain sebagainya. Semua karangan tersebut murni dari pemikiran si pengarang. Namun jika menjiplak dari karya orang lain, maka karangan tersebut tidak murni lagi. Setiap karangan memiliki tingkat kemurnian yang berbeda-beda.

pengertian pengarang, definisi pengarang, arti pengarang,
Image Wikipedia.org

Pengertian Pengarang dan Penemu

Semua hasil karya yang ada di dunia ini merupakan hasil karangan dari pengarang. Mobil tercipta karena ada orang yang mengarangnya. Begitu juga dengan karya-karya lain seperti pesawat terbang, kereta api, kapal laut, semua itu tercipta dari hasil karangan. Sebelum ada orang yang mengarangnya, semua kendaraan tesebut tidak pernah ada.

Pengarang juga mendapat julukan Penemu, seperti pengarang karya-karya di atas. Karena karangan mereka merupakan temuan baru atas suatu karya. Contohnya penemu Mesin Uap, James Watt, yang mana akhirnya temuannya berkembang menjadi berbagai macam alat transportasi sekarang ini.

Contoh lain adalah penemu Bola Lampu, Thomas Ala Edison. Jika ia tidak mengarang bola lampu, maka sampai hari ini tidak akan ada bola lampu. Maka dia merupakan pengarang sekaligus penemu.

Namun penemu belum tentu pengarang. Contohnya penemu Teori Gaya Gravitasi, Isaac Newton. Ia bukanlah pengarang, karena teori gaya gravitasi sebenarnya sudah ada sejak dulu. Hanya saja dialah orang yang pertama kali mengungkapkan tentang adanya fakta teori tersebut kepada publik. Maka ia hanya bergelar penemu, bukan pengarang. Yaitu penemu teori gaya gravitasi, bukan pengarang teori gaya gravitasi.

Baca juga  Tumbal Pesugihan Pabrik Gula Pembukaan Giling Tebu: Benarkah Ada?

Modal Utama Pengarang

Modal utama seorang pengarang adalah kemampuan mengolah ide-ide yang ada di pikiran mereka. Ide-ide tersebut dikembangkan menjadi suatu karya karangan. Oleh karena itu mengarang merupakan kelanjutan dari sebuah ide.

Menulis artikel yang bersumber dari ide pribadi merupakan sebuah karangan murni, sehingga terciptalah suatu karya asli. Maka ia mendapat sebutan pengarang. Namun jika artikel ditulis dari mengutip karya lain atau mengambil referensi dari kara lain, maka ia bukanlah pengarang.

Orang berbohong juga termasuk pengarang, yaitu pengarang cerita. Karena pada saat berbohong, ia sedang mengarang suatu cerita. Tak isa kita pungkiri, pengarang dan mengarang memiliki arti yang luas.

Pengertian pengarang bisa saja berbeda-beda menurut beberapa referensi, mungkin mereka mengartikannya dengan mengambil definisi dari bahasa lain. Namun dalam bahasa Indonesia, pengarang tetaplah orang yang mengarang sesuatu hal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *